Dua jenis pergerakan tanah di Majalengka

pusat vulkanologi juga mitagasi bencana geologi (pvmbg), badan geologi menyatakan ada dua jenis longsoran selama pergerakan tanah dalam kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat, dan terjadi selama 15 april 2013.

ada dua jenis pergerakan tanah selama sana, pertama merupakan bidang ialah jenis longsoran juga kedua ialah bidang gerakan tanah rayapan, kata kepala pusat vulkanologi serta mitigasi bencana geologi surono, selama bandung, surono, senin.

pergerakan tanah bidang longsoran itu, kata surono, merupakan longsoran dan menutup serta menimbun sawah seluas 6 hektar dalam kawasan tebingnya dalam kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat.

sementara agar pergerakan tanah jenis gerakan tanah rayapan terjadi selama bawah tebing-tebingnya, ujarnya.

Informasi Lainnya:

ia menuturkan, pergerakan tanah rayapan ini memiliki ciri-ciri gerakannya lambat berbeda melalui jenis longsoran.

menurut dia, pergerakan tanah bidang tanah rayapan ini juga terkandung pada kawasan yang lain yakni selama hambalang, kabupaten bogor dan kilomter 97 tol cipularang.

surono mengungkapkan, mengapa selama sini rentan pergerakan tanah sebab di kawasan tersebut terdapat jenis tanah lempung atau batuan formasi kaliwangi.

jadi di wilayah itu jika kena air, dengan begini hendak jadi bubur makanya tanah bergerak. hal ini diperparah dengan ada pertanian lahan basah semisal sawah dan kolam ikan, katanya.

dikatakannya, kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka itu tergolong ke di zona pergerakan tanah menengah juga tinggi.

artinya daerah itu mampu terjadi pergerakan tanah terserah kalau curah hujannya tinggi dalam sini, katanya.