Kementerian Luar Negeri harus kawal protes Indonesia ke Inggris

kementerian luar negeri harus selalu mengawal substansi nota protes dan disampaikan ke pemerintah inggris mengenai pembukaan kantor organisasi papua merdeka (opm).

kami harapkan serta membayar kementerian luar negeri tegas menyikapi dan terus menindaklanjuti nota protes hingga pemerintah inggris menutup kantor organisasi papua merdeka (opm), papar anggota komisi i dpr, nurhayati assegaf, selama jakarta, selasa.

pembukaan kantor opm selama oxford, inggris juga mencederai hubungan indonesia-inggris dan pada ini terjalin dengan bagus. pemerintah inggris bisa menutup kantor opm dalam oxford. tak banyak pernah ada selama sejarah dunia, negara bagian dari sebuah negara melawan pemerintah pusatnya, tutur assegaf.

semua kebijakan politik suatu negara bagian adalah tanggung jawab pemerintah pusat. sama halnya melalui oxford, kata dia.

Informasi Lainnya:

ia menyampaikan, apabila pemerintah inggris membiarkan negara bagian menggarap kebijakan politik, maka dapat terjadi negara bagian melawan pemerintah pusatnya. pembiaran yang diselenggarakan pemerintah inggris menyakiti hati rakyat indonesia. apa mau kita bantu irlandia? ujar dia.

pemerintah indonesia melalui kementerian luar negeri sudah mengatakan nota protes kepada pemerintah inggris mengenai pembukaan kantor opm dalam oxford.

secara terpisah sebelumnya, duta besar inggris untuk indonesia, mark canning, menungkapkan pemahamannya kiranya pembukaan kantor opm selama oxford tersebut meresahkan indonesia. namun dia tegaskan komitmen london tetap mengakui kedaulatan indonesia pada berbagai wilayahnya dengan utuh, tergolong papua, aceh, juga sebagainya.

akan sementara, kata canning, keuntungan dan dilaksanakan di tingkat kota seperti tersebut bukanlah sikap ataupun garisan pemerintahan inggris. dalam pihak lain, inggris serta menghadapi kasus separatis yang sama pada tentara republik irlandia, yang menuntut kemerdekaan irlandia utara dari kerajaan inggris sekaligus penyatuan berbagai irlandia dengan ibukota belfast.