Jabar-Republik Ceko kerja sama pengelolaan sampah

pemerintah provinsi (pemprov) jawa barat menyambut baik pemerintah republik ceko yang menawarkan kerja sama pengelolaan sampah pada wilayah tersebut.

sebagai negara dan terlebih dahulu mengelola lingkungan dengan baik. dia (republik ceko) mengerjakan pengajuan kerja sama, terutama tentang pengelolaan sampah, tutur gubernur jawa barat ahmad heryawan, di kota bandung, jumat.

ditemui usai melayani menteri lingkungan hidup republik ceko thomas chalupa dan duta besar republik ceko, pada gedung sate, heryawan menyampaikan pihaknya menyambut bagus tawaran itu.

kita sambut melalui menarik karena sebenarnya persampahan itu dalam awalnya urusan wajib kabupaten/kota dan leading sector-nya ada pada kabupaten/kota, ujar dia.

Informasi Lainnya:

ketika ditanya perihal konsep keselaran tersebut heryawan mengungkapkan republik ceko telah membawa konsep teknologi juga masterplannya daripada kerjasama itu.

pastinya keselaran ekonomi, teknologi dalam jenis pengelolaan sampah serta banyak masterplannya lah. namun itu masih sebatas penawaran saja, kata dia.

ia menunjukan, yang mesti dipahami kiranya di pengelolaan sampah tersebut membutuhkan investasi yang lumayan sulit serta pengelolaan sampah di republik ceko berbeda melalui pada indonesia, terutama di Jawa Barat.

di mereka tersebut disadari betul pendapatan masyarakatnya telah tinggi sehingga bayar retribusi sampah mereka mau. dalam sana lah yang lalu bedanya melalui kita, kiranya pengelolaan sampah tersebut murni pada apbd serta apbn. paling bila pun banyak bayar sampah selama lingkungan tiap-tiap, ujarnya.

menurut dia, kemampuan pemprov Jabar pada pengelolaan sampah per tonnya adalah 14 dolar amerika per ton. kita sanggupnya di jumlah 14 dolar, tersebut kemampuan apbd kita, itu pun sudah terengah-engah. idealnya pengelolaan sampah per tonnya itu 20 dolar amerika, katanya.