Peserta SBMPTN jangan percayai calo

rektor universitas negeri padang yanuar kiram mengingatkan terhadap calon audien seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (sbmptn) juga kaum orang tua untuk tidak mempercayai calo dan menjanjikan ingin bisa membantu kelulusan.

jika banyak bagian yang memberi iming-iming mampu membantu kelulusan, menyatakan gampat ditempuh dengan rektor serta panitia, bisa dipastikan hal tersebut merupakan penipuan karena proses sbmptn berjalan melalui transparan, papar rektor selama padang, rabu.

oleh sebab tersebut, katanya, manakala ada dan mendapatkan keuntungan tersebut cobalah dicatat identitasnya juga langsung laporkan kepada panitia sbmptn untuk ditindaklanjuti secara hukum.

ia menegaskan, tidak banyak betul pun yang dapat membantu kelulusan audien sbmptn karena sistem pelaksanaannya diselenggarakan dengan online, dengan proses komputerisasi yang transparan.

Informasi Lainnya:

bahkan dalam proses yang diselenggarakan saat ini semua warga bisa bersama-sama mengawasi juga memantau pelaksanaan melalui mengecek langsung dengan situs terpercaya www.sbmptn.or.id , kata dia.

sementara, ketua panitia lokal sbmptn padang agus irianto menyampaikan manakala banyak bagian dan menjanjikan dapat meluluskan seseorang dengan begini hal itu adalah salah Salah satu modus penipuan.

ia mencontohkan, misalnya ada seseorang yang menjanjikan mau membantu kelulusan juga membayar uang rp10 juta dengan kesepakatan jika tidak lulus biaya mau dikembalikan.

seandainya 10 pihak saja yang tergiur melalui iming-iming tersebut dengan begini pelaku ingin dapat meraup biaya rp100 juta.

sedangkan batas waktu pendaftaran sbmptn melalui pengumuman kelulusan memiliki waktu sekitar Satu bulan dan pelaku akan tetapi masa hendak mendepositokan uang itu.

jika di saat pengumuman tak banyak yang lulus dengan begini biaya hendak dikembalikan, namun pelaku minimal sudah memperoleh bunga deposito, kata dia.

namun , saat ada yang kebetulan lulus tentu pelaku ingin memperoleh uang lebih banyak dulu karena dinilai berjasa membantu kelulusan seseorang.

padahal, pelaku tidak mengerjakan apa-apa juga tidak bantuannya, jika seseorang mampu menjawab soal ujian tulis dengan baik dipastikan ingin lulus tanpa bantuan siapa pun.

pendaftaran sbmptn 2013 dibuka pada 13 mei hingga 7 juni dimana ujian tulis ingin digelar pada 18-19 juni dilanjutkan dengan ujian keterampilan terhadap web pendidikan khusus.

spmb 2013 dapat diikuti oleh lulusan sma sederajat tahun 2011, 2012 dan 2013 dengan syarat yang bersangkutan dinyatakan lulus selama ujian nasional.