25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menginformasikan bahwa sejumlah wilayah dalam bandung barat mengalami bencana longsor sampai mengakibatkan 23 properti rusak berat.

hujan melalui intensitas tinggi sudah mengakibatkan longsor di tiga kecamatan, tutur kepala pusat data Informasi juga humas bnpb sutopo purwo nugroho pada jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan tersebut merupakan kecamatan gununghalu, kecamatan rongga dan kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman dan berada selama tebing perbukitan curam dan kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim sudah mendorong wilayah itu memiliki risiko longsor tinggi, katanya.

dia menyebutkan, tercatat 23 properti rusak berat, 97 properti terancam longsor serta 87 jiwa mengungsi akibat longsor dalam tiga kecamatan tersebut.

Informasi Lainnya:

sebagian masyarakat baru mengungsi selama rumah kerabatnya dan lebih tidak berbahaya katanya.

dia menambahkan, dengan pemukiman dan dibangun pada perbukitan berlereng curam juga tutupan hutan amat sempit dan kondisi tanah dan tebal serta mempunyai mata air di pihak sedang ditambah batuan keras pada pihak bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda perlu memfasilitasi teknologi konservasi tanah dan air pada warga agar risiko bencana dapat diminimalisir, katanya.

banyak koleksi teknologi sederhana untuk memenangkan longsor, papar dia, menarik dengan fisik dan vegetatif yang disesuaikan kondisi setempat.