Hakim tidak takut pembalasan pihak luar

ketua mahkamah konstitusi, akil mochtar, menyampaikan, negara hukum mensyaratkan hakim yang tak takut pembalasan daripada bagian luar, karena mengambil tindakan independen dan imparsial di mencari putusannya.

hal ini diungkapkan mochtar ketika pidato usai sumpah jabatan untuk ketua mk selama depan delapan hakim konstitusi lain serta pilihan pimpianan lembaga dan berbagai tokoh sebagai tamu undangan dalam jakarta, jumat.

pernyataan tersebut dikutip mochtar daripada kelly fb william dalam buku an independent judiciary: the core of the rule of law.

saya bersama-sama dengan dan mulia kaum hakim konstitusi ingin menegaskan mk mau selalu berusaha selama prinsip-prinsip independensi, kata mochtar.

Yang Lain: mencar Peluang Usaha - Peluang usaha Internet - Peluang Usaha Online - mencar Peluang Usaha

dia menegaskan, menjaga independensi mk adalah komitmen dan terus menjadi prioritas juga ingin dikedepankan.

komitmen ini sangat strategis supaya mengingatkan kita di negara hukum demokratis, pengadilan harus demokratis, pengadilan haruslah memiliki kekuatan, agar menolak godaan juga menolak semua jenis intervensi daripada manapun, tegasnya.

mochtar menegaskan, independensi hakim merupakan harga mati.

hanya dengan hakim dan pengadilan dan independen inilah, hakim hendak dapat memberhentikan perkara dengan adil. serta bagi hakim, putusan dan memenuhi rasa keadilan itulah mahkota terindah, tuturnya.