Pangdam XVII Cendrawasih: perayaan 1 Mei dipusatkan di Sorong

perayaan 1 mei ataupun hari kembalinya papua ke pangkuan nkri (negara kesatuan republik indonesia) rencananya mau dipusatkan selama wilayah sorong, papua barat. demikian diutarakan pangdam xvii/cenderawasih mayjen tni christian zebua terhadap wartawan, jumat dalam sentani.

seluruh papua diharapkan bisa merayakannya, ujar pangdam.

pangdam mengajarkan perayaan 1 mei kali ini berpusat selama sorong sebab berdasarkan sejarah, tentara indonesia mulai mengusir penjajah diawali dalam wilayah sorong.

nah akhirnya diputuskan mau dirayakan cukup besar-besaran di sorong, tegasnya.

Informasi Lainnya:

ia menyatakan perayaan 1 mei di sorong ini mau dilakukan oleh gubernur papua barat beserta perangkatnya dibantu oleh jajaran tni.

bisa maka tahun depan mau diadakan pula selama jayapura, itu tidak menutup kemungkinan, urainya.

pangdam menambahkan perayaan tinggal papua ke pangkuan nkri ini ingin diselenggarakan secara bergantian pada beberapa wilayah pada papua maupun selama papua barat.

perayaan kembalinya papua ke pangkuan nkri yang jatuh pada tanggal 1 mei itu, biasanya dari tahun ke tahun dirayakan dengan besar-besaran dengan tni dibantu dengan pemerintah daerah setempat.

hal ini terbuat untuk warga mengingat kembali jasa-jasa pahlawan yang sudah mengorbankan nyawanya supaya merebut kemerdekaan dan ketika ini dinikmati warga luas di bumi cenderawasih.