Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan kiranya putaran kesepuluh pembahasan diantara iran dan iaea ingin digelar pada 15 mei dalam wina.

iran serta iaea sudah bertemu dalam sembilan putaran pembicaraan dari akhir 2011. pertemuan terakhir mereka diselenggarakan dalam ibu kota iran, teheran, pada pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembicaraan, deputi direktur jenderal iaea juga kepala departemen perlindungan herman neckaerts mengatakan, kedua bagian tidak mampu mencapai kesepakatan tentang modalitas ternyata iaea berkomitmen agar melanjutkan pembahasan.

iran juga iaea sudah membahas lebih dari Satu tahun supaya memesan modalitas untuk mengajarkan apa iran mesti menjawab pertanyaan iaea perihal isu kemungkinan dimensi militer (pmd) daripada program nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel juga beberapa sekutunya menuduh iran sudah salah mengejar lokasi non-sipil selama web energi nuklirnya.

iran dengan tegas menolak tuduhan tersebut, melalui alasan kiranya dijadikan komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi serta anggota iaea, dia berhak supaya menggunakan teknologi nuklir untuk lokasi damai.

selain itu, iaea telah melakukan seluruh inspeksi fasilitas nuklir iran, tetapi tak pernah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa web energi nuklir teheran telah dialihkan ke arah tujuan militer, demikian catatan irna.