FSGI usulkan Kurikulum 2013 ditunda

federasi serikat guru indonesia mengusulkan peluncuran kurikulum 2013 supaya ditunda sebab dinilai belum banyak kesesuaian dan kesiapan pengajar.

sebaiknya kurikulum 2013 tersebut ditunda lagi, benahi saja dulu guru-gurunya, beri mereka latihan, kata sekretaris jenderal fsgi retno listyarti pada seminar penguatan empat pilar kebangsaan di dunia studi yang dengan tema mengukuhkan studi kewargaan terhadap kokohnya nilai-nilai kebangsaan selama jakarta, selasa.

retno menilai guru adalah kunci keberhasilan suatu diaplikasikannya kurikulum.

guru sudah mesti dibangun karena bagaimanapun dia merupakan kucinya dan memenage alur kemana siswa ini ingin dibawa, ujarnya.

karena tersebut, dia juga memberi usul diadakannya latihan untuk guru-guru untuk memahami betul kurikulum jika akan diterapkan.

dia serta menolak penerapan kurikulum 2013 sebab ada pilihan kompetensi dasar dan kompetensi inti yang tidak dipaparkan dengan gamblang.

Lainnya: Jual Jam Tangan Online - Jual Jam Tangan Online - Jual Jam Tangan Online - Jam Tangan Murah

saya menolak kurikulum ini sebab isinya tak menggambarkan niat supaya mengembangkan studi kita, katanya

guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (ppkn) sma 13 itu menilai sejumlah kompetensi dasar pada kurikulum 2013 tak terintegrasi, makanya tujuan pembelajaran sulit supaya dicapai.

dalam kompetensi tersebut dikenalkan siswa harus mengetahui pasal-pasal, sementara tak dikenalkan pasal berapa. harus berapa banyak pasal yang mesti dipelajari mereka, ujarnya.

bahkan, retno memberi usul untuk diselenggarakan uji silahkan kurikulum 2013 tersebut.

di pilihan negara serta diadakan uji silahkan, semisal singapura juga inggris agar hapal kekurangannya serta jangan begitu terburu-buru diterapkan, ujarnya.

dia memberi usul uji silahkan tersebut kira-kira selama dua tahun sebelum kurikulum itu diimplementasikan.

sementara itu, direktur pembinaan sma direktorat jenderal studi menengah kementerian studi juga kebudayaan (kemendikbud) harris iskandar mengatakan kurikulum 2013 itu masih pada jenis dokumen rancangan (draft), makanya baru bisa dikaji ulang.

kalau ada kritik, silakan ke badan penelitian serta pengembangan (balitbang) kemendikbud jadi bisa dikaji, dikurang ataupun update, ujarnya.

dia memaparkan pihaknya juga sedang memasukkan studi karakter juga budi pekerti luhur di kurikulum itu.

jadi, kurikulum 2013 ini tujuannya adalah takwa. karena tersebut, kita dorong prinsipnya supaya menyerahkan porsi lebih ada terhadap mata pelajaran ppkn supaya sd, smp serta sma, katanya.

harris menjelaskan kurikulum 2013 itu menekankan aspek olah pikir (kognitif), olah hati dan membentuk pribadi jujur, olah rasa menanamkan kepedulian serta olahraga membentuk fisik dan tangguh.

dalam kurikulum 2013, pilihan mata pelajaran akan disederhanakan, salah satunya hanya ingin banyak enam dari 12 mata pelajaran yang hendak diajarkan, seperti studi agama, (ppkn), matematika, bahasa indonesia, seni budaya dan penjaskes, sementara ipa juga ips ingin dihapus.

kurikulum yang menghabiskan anggaran sampai rp2,94 triliun tersebut bertujuan untuk mengantisipasi ketinggalan, mempercepat ketinggalan pelajaran dan menunjang studi nasional ke arah yang lebih baik dan juga adalah objek wisata nasional.