Legislator: desentralisasi pencetakan soal UN perlu dipertimbangkan

wakil ketua komisi x syamsul bachri berpendapat bahwa pemerintah mesti mempertimbangkan agar melakukan desentralisasi pencetakan soal ujian nasional selama pelaksanaan yang mau datang.

dari kejadian keterlambatan penyelesaian dan pendistribusian naskah soal telah ada indikasi kiranya sentralisasi pengadaan soal un tak bisa dilakukan. dengan itulah, saya pikir perlu desentralisasi. serahkan pada percetakan daerah namun diawasi melalui ketat dengan semua bagian, ujarnya di jakarta, kamis.

menurut dia, pilihan pemerintah daerah telah mengatakan sanggup agar mengerjakan pencetakan soal un untuk sekolah-sekolah dalam wilayahnya tiap-tiap.

mereka memiliki perusahaan percetakan yang memadai. jadi, ini sebenarnya soal kepercayaan juga pengawasan saja, ujarnya.

Informasi Lainnya:

sementara itu, lanjutnya, substansi materi yang ingin diujikan mampu disiapkan dengan pemerintah pusat, yaitu melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan.

hal itu, berdasarkan syamsul, malahan dapat menurunkan biaya distribusi soal juga memudahkan proses pendistribusian.

ini sisi positifnya dari desentralisasi, dengan dicetak di daerah, dengan begini proses pengirimannya lebih cepat sebab jaraknya tidak jauh melalui website ujian anak-anak sekolah, ujarnya.

sebelumnya, tim kunker komisi x dpr meninjau segera pelaksanaan un tingkat sma dan diundur, juga un smp selama sulawesi selatan.

pada kesempatan itu, tim dan dipimpin wakil ketua komisi x syamsul bachri baru menjumpai seluruh kendala teknis dalam pelaksanaan un.

misalnya, selama sma frater makassar, bagian sekolah terpaksa harus menambah sendiri persediaan lembar Jawaban sehingga terjadi perbedaan standar dalam bahan kertas soal dan lembar solusi un.