Banjir Aceh Barat landa 322 desa

bupati aceh barat t alaidinsyah menyebutkan banjir melanda sebanyak 322 desa dan tersebar pada 12 kecamatan, namun tak ada korban jiwa dalam bencana itu.

sejauh ini tak ada korban jiwa dan kami harapkan hujan tidak dulu menurun. kondisinya ketika ini sudah darurat serta masyarakat kita minta tetap waspada, ujarnya dalam meulaboh, sabtu malam.

saat mengunjungi objek wisata pengungsian pada kecamatan johan pahlawan, bupati alaidinsyah menyatakan kawasan terparah dilanda banjir adalah woyla timur yang berjarak kurang lebih 50 kilometer arah utara meulaboh.

didampingi kepala bidang kedaruratan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) aceh barat dedek risman, ia mengatakan seluruh tim siaga bencana telah siaga disejumlah objek wisata serta mengevakuasi penduduk ketempat lebih aman.

Informasi Lainnya:

menurut alaidinsyah, walaupun tidak banyak korban jiwa, kerugian diperkirakan cukup sulit karena ada empat unit rumah warga juga jembatan rusak selama kecamatan pante ceureumen, serta woyla timur.

untuk kerugian masih dalam pendataan. keuntungan dan gamblang ketika ini banyak padi petani yang sudah dalam panen hanyut akibat banjir, ujarnya menambahkan.

sementara tersebut dedek risman menambahkan, pihaknya mendirikan dapur publik di desa pasie mesjid kecamatan johan pahlawan, sementara agar kecamatan yang lain hanya dikirim logistik melalui perahu karet.

lebih 5.000 jiwa yang telah didata dijadikan pengungsi dan memperoleh jatah bantuan logistik.

warga woyla timur serta kecamatan lain tak hendak dievakuasi sebab itu kita cuma mengirimkan logistik sebab disana mereka mengungsi pada kawasan lebih tinggi dan sifatnya berpencar-pencar, ujarnya menambahkan.

samsuar, salah betul pengungsi korban banjir asal desa pasie masjid johan pahlawan menyatakan desanya sudah seringkali dilanda banjir.

seharusnya dibangun tebing dipingir sungai juga saluran air dibenahi, karena banjir disini selain penentu hujan dan sungai meureubo itu paling mengancam, terlebih pemukiman kami dekat dengan aliran sungai, ujarnya.

banjir juga mengakibatkan terputusnya arus transportasi darat meulaboh-tutut sebab ketingian air pada bada jalan hampir Satu meter.