Ungkap kasus pengeroyokan Sersan Kepala Heru Santoso

saat sorotan cenderung diarahkan pada tni ad tentang angka penyerbuan bersenjata ke lp cebongan, ada Satu hal yang cenderung dilewatkan, yakni bagaimana langkah polisi menuntaskan persentasi pengeroyokan sampai tewas sersan kepala heru santoso selama 'hugos cafe?

kepolisian indonesia harus segera menuntaskan jumlah pengeroyokan dengan korban tewas sersan kepala heru santoso, kata ketua presidium indonesia police watch, neta pane, pada jakarta, rabu.

pengeroyokan sampai tewas santoso (anggota komando distrik militer setempat, eks anggota kelompok 2 komando pasukan khusus tni ad) oleh kawanan preman di 'hugos cafe inilah yang jadi titik pangkal penyerbuan bersenjata Satu grup, dan dinyatakan terdiri dari 11 personel kopassus tni ad dari kandang menjangan, surakarta.

gerombolan preman penganiaya hingga tewas santoso, dan sejak berlarut malang-melintang dan tidak digulung penegak hukum di situ itu, diungkap kepolisian daerah diy terdiri daripada empat orang saja, yakni gameliel yermiyanto rohi riwu, adrianus candra galaja, hendrik angel sahetapi alias deki, dan yohanes juan manbait.

Informasi Lainnya:

sehari setelah santoso dikeyorok sampai tewas oleh gerombolan juan, polisi menjerat keempat preman sadis itu. semula mereka ditahan dalam sel tahanan markas kepolisian daerah diy; tapi akhirnya dipindahkan ke lp cebongan pada Satu iringan berpengawalan polisi.

pimpinan lp cebongan paham, juan cum suis merupakan barang panas yang berpotensi masalah serius. sebab itulah pihak lp cebongan meminta pengawalan menetap 24 jam kepada polisi terhadap empat tahanan titipan polisi tersebut.

inilah titik awal kedua kerawanan dan tidak ditindaklanjuti dengan serius dengan polisi karena pengawalan tersebut tidak sudah diberikan. cerita seterusnya, juan cs tewas direjang peluru di sel tahanannya pada lp cebongan itu.

karena tersangka pengeroyokan santoso itu (juan cs) telah tewas maka proses hukum selanjutnya seolah dianggap tutup buku. padahal masih ada pertanyaan menyisa dan harus dibuktikan kebenarannya.

pane, menilai, ketika tersebut santoso dan serta anggota kopassus dikeroyok 11 pihak juga polisi masih menangkap empat orang. artinya baru banyak tujuh tersangka penganiaya hingga tewas santoso dan bebas berkeliaran. hal ini dan belum pernah diungkap polisi kepada publik sampai kini.

menurut pane, peristiwa santoso dalam 'hugos cafe ini menjadi penting karena inilah yang adalah motif penyerangan ke lp cebongan. apabila polisi tak kunjung menuntaskan persentasi 'hugos cafe, ipw mendesak agar tim investigasi tni ad menurun tangan menginvestigasinya.

tim tni usah berkurang tangan sebab kasus 'hugos cafe Satu rangkaian dengan cebongan. selama kasus 'hugos cafe belum dituntaskan, sebaiknya 11 anggota kopassus tersangka kasus cebongan jangan disidangkan dulu pada peradilan militer sebab dapat menjadi zat dan meringankan kepada mereka, tutur pane.

menurut undang-undang acara, polisi sipil berwenang juga wajib menyidik serta menyelidiki pelanggaran pidana masyarakat negara sipil; juan cum suis adalah warga negara sipil. untuk anggota militer, hal itu dilaksanakan polisi militer.

tim investigasi tni tidak menikmati angka cebongan secara sepotong-sepotong namun mesti melihatnya secara menyeluruh. cctv dalam 'hugos cafe mesti dibuka segera agar diketahui mana ada saja ke sebelas pengeroyok serta apa mereka menghabisi santoso, papar pane.