Rusia dukung Swiss tuan-rumahi perundingan Korea

menteri luar negeri rusia sergei lavrov pada jumat mengatakan mendukung gagasan swiss menuan-rumahi perundingan enam negara dalam upaya meredakan ketegangan atas korea utara.

sejauh saya mengerti, swiss siap mempunyai ranah ramahnya supaya perundingan enam pihak, melalui harapan kiranya tersebut diadakan. kami tak menentang prakarsa tersebut, tutur lavrov terhadap wartawan setelah bertemu melalui timpalan swiss-nya, didier burkhalter.

pembicaraan itu, yang melibatkan korea utara dan korea selatan, cina, rusia, amerika amerika serta jepang, dibekukan sejak 2009 sesudah korea utara bagus diri selama menanggapi hukuman perserikatan bangsa-bangsa atas aktifitas peluru kendalinya.

ada enam putaran terpisah diantara 2003 hingga 2007 juga swiss pada pekan lalu menyediakan bantuan ketika ketegangan memuncak pada semenanjung korea.

Informasi Lainnya:

negara netral swiss memiliki lima tentara dalam garis gencatan senjata selama antara kedua korea itu, sebagai bagian dari komisi negara nonblok pemantau gencatan senjata dari perang korea pada 1950-an.

negara itu dan mempunyai kantor penghubung selama pyongyang, ibukota korea utara, dan komunis.

pemimpin negara terkendali ketat tersebut, kim jong-un -yang ketiga pada wangsa pemimpin kuat- mengisi beberapa tahun sekolah pada swiss di bawah kedok putra pengemudi kedutaan.

menteri luar negeri amerika serikat john kerry di jumat menyuarakan dukungan negaranya supaya korea selatan bergerak menuju pembahasan melalui pyongyang.

saat berbicara terhadap wartawan dalam seoul, kerry mengatakan pemimpin korea utara kim jong-un membeli kesalahan besar bila memaksakan launching peluru kendali, juga mendesak china berusaha lebih keras mengendalikan sekutunya selama pyongyang.

tapi, melalui ketegangan di semenanjung korea selama tingkat tertinggi selama bertahun-tahun, kerry menyatakan washington juga bekerja sama dengan menghormati pandangan president korea selatan park geun-hye, dan terpilih atas janji keterlibatan lebih besar dengan pyongyang.

president park terpilih dengan pandangan berbeda bagi kemungkinan perdamaian dan kami menghormati pandangan tersebut, tutur kerry.

kami siap bekerja melalui keyakinan kiranya hubungan utara dengan selatan mampu meningkat dan mereka mampu membaik sangat cepat. aku pikir, kami telah meminimalkan retorika kami dengan berarti juga kami bekerja mendapatkan cara agar kewajaran menang dalam sini, tambahnya dikutip afp.