TKI Tulungagung kirim uang rp1 triliun/tahun

pengiriman uang (remitansi) tki ke kabupaten tulungagung, jawa timur setiap tahunnya diprediksi mencapai rp1 triliun, namun tak sepenuhnya terdeteksi bank indonesia sebab proses pengiriman dilaksanakan dengan segera.

estimasi besaran remitansi tki asal kota marmer itu diungkapkan koordinator migrant centre tulungagung, widi harianto, selasa, dan menengarai keberadaan perbedaan data remitensi selama bi dengan perputaran biaya sebenarnya pada masyarakat.

kami telah melakukan kajian dengan mengambil pilihan sampel desa/kampung tki pada tulungagung, dan hasilnya Salah satu desa rata-rata bisa menghasilkan remitansi sekitar rp3 miliar hingga rp4 miliar, paparnya.

dengan asumsi banyaknya desa-desa selama daerah tersebut dan warganya bekerja di luar negeri (tulungagung memiliki 271 desa, 19 kecamatan), hari meyakini aliran devisa yang berasal dari transfer dana tki/tkw diyakini tembus rp1 triliun per tahunnya.

Informasi Lainnya:

banyak fakta yang kami pilihlah daripada kaum tki dan adalah dampingan migrant centre. mereka disamping memanfaatkan media transaksi perbankan maupun `western union` (pilihan jasa pengiriman uang pt pos indonesia) juga menggarap pengiriman dengan segera, katanya.

pihak migrant centre sudah tak mempunyai data valid menyangkut kasus remitansi tki ke tulungagung dan tidak terekam traksaksi keuangan perbankan indonesia maupun jasa pengiriman lainnya.

hari cuma memberi gambaran kiranya semua tki/tkw dan membawa biaya (menarik di jenis mata biaya asing maupun rupiah) pulang ke kampung halamannya dalam tulungagung lebih dari 50 persen.

bukan berarti mereka ini tak membeli jasa keuangan perbankan ataupun yang lain supaya transfer, namun di ada angka para tki daripada perantauan ini dan membawa uang hasil kerjanya secara tunai serta melalui cara menitipkan ke rekannya agar diutarakan ke keluarga di rumah, tuturnya.

selain perilaku, hari menengarai banyaknya devisa tki yang tidak terekam pada data keuangan bank indonesia dan dipengaruhi banyaknya buruh migrant yang berusaha selama luar negeri tanpa dokumen lengkap (tki ilegal).

kerugian negara akibat remitansi dan tak dengan jasa keuangan pemerintah maupun swasta tentunya berpengaruh pada besar-kecilnya obyek pajak dan hilang, tandasnya.

sebagaimana data bank indonesia, devisa dan berasal dari transfer dana tki jawa timur dalam luar negeri sepanjang tahun kemarin tercatat sebesar rp2,86 triliun.

distribusi dana remitensi tki ke jawa timur hampir merata ke berbagai wilayah kabupaten/kota.

pamekasan tercatat dibuat daerah yang memiliki remitansi paling tinggi tiap tahunnya, yaitu mencapai 19 persen serta kurang lebih rp543,4 miliar

selain pamekasan, enam kabupaten/kota lain yang memiliki remitansi tertinggi dibanding 31 daerah lainnya di jatim merupakan sumenep (9 persen ataupun sekitar rp257,4 miliar), surabaya (8 persen ataupun kurang lebih rp228,8 miliar), malang (7 persen serta sekitar rp200,2 miliar), madiun (6 persen atau kurang lebih rp171,6 miliar), tulungagung serta banyuwangi (tiap-tiap 4 persen atau kurang lebih 114,4 miliar).