Sudan larang pasukan perdamaian masuk Darfur

sudan melarang pasukan penjaga perdamaian internasional memasuki darfur barat di mana sedikitnya 50.000 orang menyelamatkan diri dari kekerasan etnik, tutur misi pbb semisal dikutip afp, minggu.

insiden itu adalah yang terakhir dari serangkaian pembatasan akses yang diungkapkan misi pbb-uni afrika di darfur (unamid).

misi tak berada dalam posisi menyerahkan keterangan terinci mengenai keadaan selama daerah umm dukhun sebab patroli pemeriksaan unamid, yang bekerja memperoleh akses di 10 juga 11 april, tak diizinkan menggarap keuntungan tersebut oleh pemerintah sudan, tutur juru bicara unamid aicha elbasri.

sedikitnya 18 pihak tewas di bentrok diantara kelompok-kelompok suku misseriya dan salamat selama daerah yang berbatasan dengan chad, papar benar ketua suku terhadap afp pekan lalu.

Informasi Lainnya:

sabtu selama new york, deputi juru bicara pbb eduardo del buey menyatakan, 50.000 pihak dalam sepekan terakhir saja sudah menyeberangi perbatasan menuju chad karena konflik antarsuku.

sekretaris jendral pbb ban ki-moon menungkapkan unamid selalu mendesak bagian berwenang untuk memberi mereka kebebasan gerak tidak halangan selama wilayah darfur, pas melalui perjanjian status pasukan.